Kader Kesehatan Desa Kemlagi Siap melakukan Pelayanan dengan Sepenuh Jiwa

Di awal tahun 2021, Kader Kesehatan Desa Kemlagi bersiap melakukan pelayanan kembali dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Untuk itu dilakukan simulasi kegiatan Posyandu Balita dan Lansia yang diikuti seluruh Kader Kesehatan di lingkungan masing-masing.

Diawali dengan simulasi di Posyandu Rambutan Kemlagi Selatan pada tanggal 18 Januari 2021. Simulasi membahas posisi kader, apa yang harus dilakukan saat ibu balita datang , diantaranya semua yang hadir harus bermasker, pengukuran suhu badan, cuci tangan, juga bagaimana mengatur barisan agar tidak terjadi kerumunan.

Dilanjutkan di Posyandu Cerme Kemlagi Barat pada tanggal 19 januari 2021.

Selain membahas simulasi saat pelaksanaan, juga dibahas apa yang harus dilakukan Kader sebelum dan sesudah kegiatan dimulai, yaitu dengan mensterilkan tempat dan alat dengan penyemprotan desinfektan. Kader juga harus pada posisi kesehatan yang prima. Tempat diatur sebisa mungkin meminimalisir kerumunan. Setelah kegiatan selesai, mencuci tangan kembali, dan langsung kembali ke rumah.

tanggal 20 Januari 2021, giliran Posyandu Alpukat melakukan simulasi.
Hadir dalam simulasi tersebut adalah ibu Ratna Marlongen selaku Bidan Desa Kemlagi , Bapak Sis dari PLKB Keamatan Kemlagi, dan didampingi Ketua Tim Penggerak PKK Desa Kemlagi, Ibu Nyta Apriantini. Juga hadir seluruh Kader Posyandu Balita, Kader BKB, Kader Lansia, Kader PKBD Sub PKBD, Kader Posbindu, dan Kader Kesehatan Jiwa masing-masing lingkungan.

Dan, terakhir pada tanggal 25 Januari 2021 bertempat di Posyandu Kelengkeng Kemlagi Timur.
Kegiatan simulasi juga diisi pembinaan buku baru Posyandu Balita dan Buku Register Ibu Hamil.

Diharapkan dengan kegiatan simulasi ini, pelayanan Posyandu kembali berjalan dengan penerapan protokol kesehatan sehingga kesehatan semua pihak tetap terjaga dan terpantau. Salam Sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *